top of page
Search
  • Writer's pictureadmin

Kompetisi Logo & Tagline

Updated: Dec 9, 2021



I. Latar Belakang


Sekolah Tri Ratna Online School atau disingkat sebagai STR Online adalah sekolah daring yang didirikan oleh Sekolah Tri Ratna untuk memberikan layanan pendidikan bermutu dengan jangkauan yang lebih luas.


Visi STR online adalah “MENJADI SALAH SATU SEKOLAH ONLINE TERBAIK DI INDONESIA”, sedangkan Misi STR Online adalah “MEMBERIKAN PENDIDIKAN BERMUTU KEPADA SELURUH ANAK-ANAK INDONESIA DI MANAPUN MEREKA BERADA YANG BERBASISKAN ILMU PENGETAHUAN, MEMBANGUN KARAKTER DAN MEMBIASAKAN PRAKTIK HIDUP BERKESADARAN (MINDFULNESS).


Kompetisi desain logo dan moto/tagline ini terbuka untuk seluruh warga sekolah baik secara perorangan maupun secara kelompok. Melalui kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan logo dan moto STR Online yang merepresentasikan Tiga Nilai Inti Budaya Sekolah Tri Ratna dan Delapan Nilai Sekolah Tri Ratna.




II. Peserta Lomba


1. Peserta didik Sekolah Tri Ratna

2. Guru Sekolah Tri Ratna

3. Karyawan Sekolah Tri Ratna

4. Kecuali anggota panitia dan dewan juri


III. Kriteria Lomba


Panduan Desain Logo dan Tagline

  1. Logo dan tagline harus dapat digunakan dan diaplikasikan pada seluruh platform Sekolah Tri Ratna seperti website, media sosial, online advertising maupun pembelajaran.

  2. Desain logo dan tagline ditujukan untuk anak-anak usia 10-17 tahun yang berkarakter ceria, dinamis, tangkas, berbudi pekerti baik, mindful dan masa depan cemerlang.

  3. Kriteria isi : mencerminkan potensi, mengakomodasi VISI dan MISI Sekolah Tri Ratna, sehingga mampu mempromosikan dan memasarkan STR.

  4. Kriteria simbol/ gambar : menarik, unik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diingat dan dapat digunakan/ diaplikasikan dalam berbagai media.

  5. Kriteria bentuk : unit, menunjukan ciri khas STR, mengikuti kaidah/ prinsip-prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, proposi)

  6. Kriteria kata-kata : menarik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diucapkan, dan mudah diingat..

  7. Kriteria warna memiliki komposisi yang seimbang dan serasi/ memiliki fleksibilitas untuk diaplikasikan ke berbagai media dan dapat mencerminkan ciri khas Sekolah Tri Ratna

  8. Wajib memberikan penjelasan singkat tentang logo dan tagline yang dibuat (konsep, filosofi, bentuk, warna, dll)

Kriteria Penilaian

  1. Orisinalitas karya

  2. Relevansi logo branding dengan tema

  3. Kreativitas dan estetika

  4. Deskripsi/penjelasan dari logo dan tagline (latar belakang logo branding, makna dan falsafah logo)

  5. Kekuatan daya tarik desain logo dan tagline.


IV. Pelaksanaan Lomba Desain Logo dan Tagline

Ketentuan Umum

  1. Lomba dapat diikuti secara perorangan maupun secara berkelompok dengan maksimal 3 orang perkelompok.

  2. Peserta wajib mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku

  3. Format file dalam format vektor

  4. Sertakan data diri dengan format:

a. Nama Lengkap:

b. No Tlo/ HP:

c. Siswa (kelas)/ Guru (unit) :

d. Akun Sosmed/ Instagram :

5. Hasil karya dikirim melalui email berikut:

Subjek email : Kompetisi Logo STR Online

Konfirmasi ke WA CS: 087880431982

6. Peserta wajib mengupload karya desain di Instagram masing-masing dan

mention ke Instagram @sekolahtriratna dengan hastag #KompetisiLogoSTRonline


Tahapan Pelaksanaan

1. Kompetisi desain logo dan tagline STR Online diselenggarakan dari tanggal 8

Desember 2021 sampai dengan 8 Januari 2022

2. Pengumuman seleksi 5 (lima) besar 10 Januari 2022

3. Presentasi 5 besar di hadapan dewan juri 13 Januari 2022

4. Pengumuman Pemenang 3 (tiga) besar 15 Januari 2022

5. Pengumuman pemenang akan dilakukan melalui Instagram @sekolahtriratna


V. Syarat dan Ketentuan

1. Karya desain merupakan karya orisinil masing-masing peserta dan belum pernah

dipublikasikan maupun diikutsertakan dalam kompetisi serupa.

2. Karya desain tidak mengandung unsur plagiat, SARA, pornografi, dan politik.

3. Setiap peserta wajib follow akun instagram @sekolahtriratna

4. Posting hasil karya di Instagram masing-masing, mention dan tag instagram Sekolah Tri

Ratna.

5. Hasil penjurian dari panitia kompetisi desain logo “STR Online” bersifat mutlak dan

tidak dapat diganggu gugat.

6. Karya yang diikutsertakan lomba akan sepenuhnya menjadi milik Sekolah Tri Ratna

7. Setiap peserta membebaskan panitia kompetisi desain dan/atau Sekolah Tri Ratna dari

segala bentuk tuntutan dan/atau gugatan hukum dari pihak manapun serta segala akibat yang ditimbulkan dari pelanggaran/kelalaian yang dilakukan peserta berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan atas Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

8. Panitia berhak melakukan penyempurnaan atas desain logo maupun tagline yang

terpilih sebagai pemenang.

9. Karya desain yang tidak sesuai dengan format panduan desain dan paduan peserta

tidak akan masuk dalam penjurian.


VI. Hadiah Pemenang


Kompetisi ini akan dipilih 3 pemenang yang dapat berasal dari peserta perorangan maupun peserta kelompak dengan hadiah sebagai berikut:

Pemenang I : Rp 1.000.000,00 (perorangan) atau Rp 1.500.000,00 (per kelompok) dan sertifikat

Pemenang II : : Rp 750.000,00 (perorangan) atau Rp 1.250.000,00 (per kelompok) dan sertifikat

Pemenang III : : Rp 500.000,00 (perorangan) atau Rp 1.000.000,00 (per kelompok) dan sertifikat


413 views
Asset_wa.png
bottom of page