top of page
Search
  • Writer's pictureadmin

Komunikasi Tri Guru Untuk Keberhasilan Akademik


Keberhasilan pendidikan anak tak lepas dari peran komunikasi dari semua pihak yang baik dari berbagai pihak, mulai dari guru, orangtua, dan lingkungan masyarakat. Untuk meningkatkan komunikasi tersebut, Sekolah Tri Ratna mengadakan acara Talk Show Pendidikan bertema “Komunikasi Tri Guru untuk Keberhasilan Akademik” yang dilaksanakan pada 30 November 2019 di Sekolah Tri Ratna. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang berasal dari kepala sekolah dan guru semua unit (TK, SD, SMP, SMA, dan SMK), karyawan, serta peserta umum. Talk Show ini berlangsung lancar dengan pemaparan materi menggunakan Bahasa Inggris dan kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Bapak Bambang dan Bapak Fransisco.


Dipandu oleh moderator Ibu Jenty Siswanto, Talk Show ini mengundang dua narasumber luar biasa yakni Dr. Christie Chang, lulusan University of Hawai, Manoa, yang sehari-harinya membawahi program pertukaran pelajar di National Chengchi University, Taiwan dan aktif dalam Sakyadhita Internasional (organisasi Buddhis yang memperjuangkan kesetaraan gender). Selain Dr. Christie Chang, narasumber selanjutnya yaitu Ani Genden Lhamu yang mendapatkan 2 gelar dari University of New Delhi sebagai Master of Arts dan Master of Philosophy. Sehari-harinya, Ani menjabat sebagai Kepala Sekolah di Tawang, Himalaya India.


Ada beberapa pesan penting yang disampaikan narasumber dalam acara ini, salah satunya pentingnya membangun komunikasi yang baik antar pihak-pihak di sekolah. Seperti pesan Dr. Christie dan Ani Genden “Menjadi seorang guru memang tidak mudah, tetapi teruslah percaya diri bahwa Anda adalah guru yang baik untuk anak murid”.


Kesulitan yang dialami dalam proses mengajar hendaknya tidak membuat para guru menyerah. Terus semangat menjadi pendidik yang memiliki semangat dan kepercayaan diri pada kemampuannya. Dengan memiliki semangat dalam bekerja, berpikir positif, hidup penuh damai dan cinta kasih, maka akan membuat diri kita lebih bahagia dalam menjalani hidup. Semua kesulitan dan masalah akan menjadi tantangan positif untuk upgrade diri.

36 views
Asset_wa.png
bottom of page