Search
  • admin

Membaca Buku Bersama, Eratkan Hubungan Anak dan Orang Tua

Updated: Aug 12, 2019



Membaca itu ibarat membuka jendela dunia. Sebuah kalimat populer yang sudah umum diterima oleh masyarakat. Dengan membaca, seseorang dapat memiliki wawasan yang luas, ilmu pengetahuan, berita baru dan pola pikir baru yang bisa meningkatkan kemampuan seseorang. Tetapi ketika membaca dikaitkan dengan hubungan erat antara anak dan orang tua, kegiatan membaca menjadi lebih luas artinya, tidak hanya membuka jendela dunia, tetapi membuat erat hubungan anak dengan orang tuanya.


Sabtu, 27 Juli 2019, TK Tri Ratna mengadakan kegiatan sosialisasi Gerakan Nasonal Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) di halaman TK dengan narasumber Kepala Seksi PAUD Jakarta Barat, Ibu Ernita. Peserta seminar merupakan para orang tua bersama dengan anaknya. Pelaksanaan sosialisasi ini bersamaan dengan peringatan Gernas Baku yang dicanangkan oleh Kemendikbud yang diperingati setiap 27 Juli.


Menurut Ibu Ernita, Gernas Baku ini bertujuan untuk membiasakan orang tua membaca buku bersama anak, mempererat hubungan sosial-emosional antara orang tua dan anak, dan menumbuhkan minat baca sejak dini. Selain itu, Sekolah juga disarankan untuk membuat "pojok baca" selain perpustakaan yang menjadi sarana membaca supaya kecakapan literasi dimiliki oleh anak-anak.


Program Gernas Baku melibatkan orang tua dan anak dalam kegiatan membaca ketika berada di rumah. Orang tua bisa memahami kemampuan anaknya ketika mendampingi anak saat membaca. Orang tua juga memahami teknik supaya anak gemar membaca, serta mengetahui bacaan yang disukai anaknya. Menurut Kepala TK, Miss Ana, yang penting juga dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi keterikatan anak serta orang tua dengan gadget ketika berada di rumah. Seperti yang terjadi pada akhir-akhir ini, banyak anak usia dini yang tergantung pada gadget.


Selain membaca, aktifitas ini bisa dikolaborasikan dengan orang tua membacakan buku atau cerita kepada anaknya. Aktifitas ini tentunya sangat bermanfaat dan membantu kedekatan sosial-emosional antara anak dengan orang tuanya. Manfaat kegiatan ini juga diungkapkan oleh Papa Melvin yang mengatakan bahwa Gernas Baku ini membantu saya dan anak untuk belajar bahasa Indonesia dengan baik, karena di rumah biasa menggunakan bahasa yang lain.


Dengan program ini, orang tua mendapatkan manfaat lain yang penting juga, seperti memahami anak, memantau perkembangan anak, dan kebutuhan anaknya. Pada akhirnya, ketika aktifitas ini rutin dilakukan, hubungan kedekatan antara anak dan orang tua menjadi lebih baik.





129 views

Tel: +62 21-6312 859  |  © 2018 by Tri Ratna School