Search
  • admin

Perilaku Hidup Bersih & Sehat



Memasuki tahun ajaran baru 2019-2020, peserta didik SD Tri Ratna kelas 1 masih mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Mereka baru saja lulus dari Taman Kanak-kanak dan memasuki tingkatan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Dengan tingkatan yang lebih tinggi ini tentu mereka belajar banyak hal-hal baru dan memerlukan penyesuaian diri yang baik yang berguna untuk perkembangan diri.


Salah satu topik pembelajaran kali ini dibawakan oleh Ibu-ibu Dokter dari Puskesmas Krukut pada Selasa, 16 Juli 2019. Dibawakan secara menarik dan gembira sehingga dalam penyampaiannya, anak-anak dapat mengikuti kegiatan. Topiknya berhubungan dengan "Perilaku Hidup Bersih & Sehat. Ada beberapa poin-poin pokok perilaku yang disampaikan yaitu;

1. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

2. Mengomsumsi jajanan sehat

3. Buang air kecil dan buang air besar di toilet

4. Olahraga teratur dan terukur

5. Memberantas jentik nyamuk

6. Menghindari asap rokok

7. Mengukur berat dan tinggi badan

8. Membuang sampah di tempat sampah

9. Menggosok gigi pagi setelah makan dan malam sebelum tidur

10. Mengikuti imunisasi

11. Gizi seimbang.


Anak-anak tampak antusias ketika mendengarkan penyuluhan dari Ibu Dokter, tampak dari antusiasnya ketika ditanya dan ketika mengikuti tari cuci tangan. Perilaku hidup bersih dan sehat ini sangat penting untuk anak usia dini supaya mampu menjadi pribadi-pribadi yang sehat dan bersih. Sangat cocok untuk membentuk karakter-karakter baik sedari dini.






14 views

Tel: +62 21-6312 859  |  © 2018 by Tri Ratna School