Search
  • admin

Day of Mindfulness (DOM)



Seni hidup berkesadaran saat ini menjadi topik yang menjadi perhatian banyak orang. Biasanya kita melakukan suatu pekerjaan, kita hanya melakukannya saja, tanpa melalui otak, apa lagi untuk pekerjaan rutin, sudah langsung otomatis. Istilahnya alam bawah sadar kita yang bekerja, sangat jarang sekali kita menggunakan kesadaran. Padahal dengan melibatkan kesadaran kita, kita lebih fokus, lebih bisa memahami, merasakan, mengendalikan, dan bahagia dengan apa yang kita kerjakan. Merasakan diri hadir pada saat ini, sekarang dan di sini.


Berkaitan dengan topik di atas, Sekolah Tri Ratna mengadakan kegiatan Day of Mindfulness pada Sabtu, 20 Juli 2019. Kegiatan di awal tahun pelajaran 2019-2020 ini diikuti oleh seluruh Guru dan Karyawan. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu Mindfulness, kemudian dilanjutkan dengan orientasi kegiatan. Kegiatan inti diisi dengan meditasi duduk, meditasi jalan, pengarahan oleh Ketua Yayasan, Biksu Nyanabhadra, makan berkesadaran, dan relaksasi total.


Bapak Sigit, yang merupakan guru baru di SMA dan SMP menuturkan pengalamannya bahwa melalui kegiatan DOM ini, bisa menjadi lebih fokus, lebih bisa mengendalikan diri, pikiran, terutama emosi lebih terkendali, apalagi ketika nanti menghadapi siswa yang susah diatur, kita bisa menjadi lebih sabar. Ia juga menuturkan bahwa kegiatan yang baru pertama diikuti ini menarik dan menyenangkan, ada hal-hal baru yang dipelajari.


Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Kepala Sekolah dari SMP dan SMK Tri Ratna. Kepala SMP saat ini dijabat oleh Bapak Rudi Kurniawan, yang meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dari Bapak Anton. Sedangkan kepemimpinan SMK Tri Ratna dari Bapak Miko dilanjutkan oleh Miss Yessie. Dengan formasi baru ini, harapan dari Bapak Miko selaku Direktur sekolah, membawa kemajuan yang lebih baik lagi dari sebelumnya, terutama untuk peserta didik.






33 views

Tel: +62 21-6312 859  |  © 2018 by Tri Ratna School